Cara Mengirim Surat ke Luar Negeri Menggunakan Perangko



Halo👋 Apa kabar? Akhir-akhir ini temen-temenku dan beberapa orang asing di instagram pada nanyain tentang mengirim surat ke luar negeri. Jadi artikel ini aku buat untuk menjawab rasa penasaran temen-temen tentang penpaling atau snailmailing.





Tulisan pertama aku ini berisi tentang cara mengirim surat ke luar negeri menggunakan perangko. Mengirim surat ke luar negeri sebenarnya gak ada bedanya dengan mengirim surat ke dalam negeri. Berikut adalah tahapan mengirim surat di kantor pos.

Cara Mengirim Surat di Kantor Pos

Temen-temen yang belum pernah kirim surat ke kantor pos mungkin akan sedikit bingung tentang tahapan-tahapannya. Jadi, disini akan aku tulis dengan runtut mulai dari pertama kali masuk ke kantor pos sampai selesai.

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu kamu harus memiliki surat yang udah siap untuk dikirim. Pastikan alamat surat yang dituju benar. Kemudian, kamu bisa datang ke kantor pos dan mengambil nomor antrian. Setelah nomormu dipanggil, kamu bisa langsung menuju loket yang diminta.
Kamu akan bertemu dengan petugas loket yang sangat ramah, jadi jangan sungkan untuk bertanya kalo kamu masih belum jelas. Jangan lupa kasih tau ke petugas kalo suratmu akan dikirim ke luar negeri (langsung sebutin aja negara tujuan kamu). Setelah itu, suratmu akan ditimbang. Semakin berat surat yang kamu buat, semakin mahal nilai perangko yang dibutuhkan. Jadi, biaya yang dibutuhkan tergantung pada berat surat. 

Aku udah tanya sama petugas di kantor pos (di bulan Oktober tahun 2019), biaya yang dibutuhkan untuk mengirim surat ke luar negeri semuanya sama. 
Surat dengan berat di bawah 20 gram biasanya membutuhkan perangko senilai Rp.10.000,-
surat yang beratnya 20 gram - 50 gram biasanya akan membutuhkan perangko sekitar Rp.15.000,- sedangkan surat yang beratnya di atas 50 gram akan membutuhkan perangko sekitar Rp.30.000,- ke atas. 

Perangko bisa dibeli di loket setelah kita menimbang surat. Ada banyak macam perangko di kantor pos. Perangko yang tersedia di loket hanyalah perangko biasa yang gambarnya relatif kurang menarik.  Kalo kamu ingin mengirim surat dengan perangko yang gak biasa, kamu bisa buka cara mendapatkan perangko unik di kantor pos
Nah, setelah membeli perangko, jangan lupa untuk menempelkan perangko ke bagian depan amplop. Biasanya di sana akan disediakan cawan kecil berisi spons basah untuk membantu kamu menempelkan perangko (biar kita gak usah jilat tu perangko). Setelah itu, berikan suratmu ke petugas loket, dan 🎜JENGJENG...🎜 suratmu sudah siap dikirim. 😬

Oh iya. Banyak yang tanya ini ke aku, "Setelah itu, bayar apalagi?" 
Jadi, kalo kita mengirim surat menggunakan perangko, gak ada lagi biaya tambahan. Cuma perangko tok.
Gimana, mudah kan? Selamat mencoba😉

Semoga artikel ini bisa membantu. Kalau masih ada pertanyaan seputar mengirim surat, kamu bisa tulis di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya 🌝

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Perangko Unik di Kantor Pos